Chat with us, powered by LiveChat

Manfaat Memandikan Ayam Aduan kalian dari S128

Manfaat Memandikan Ayam Aduan kalian dari S128 – Pada artikel ini Admin s128 akan menjelaskan Manfaat Memandikan Ayam Aduan kalian dari yang di rangkum S128. Bagi kalian para penganut ayam (hahahaha) haruslah tau manfaat dari memandikan ayam adun kita, yang dimana di percaya baik untuk fisik dan spiritual sang ayam nantinya, jadi simak  terus artikel ini samp[a habis agar para pesabung ayam indonesia yang masih newbe mengerti manfaat besar dari memandikan ayam kalian setiap hari.

Ayam Bangkok Tentunya memandikan bukanlah sebuah fenomena baru bagi para penggemar ayam aduan. Ayam aduan yang sudah berumur lebih dari tujuh bulan sudah bisa diberi perwatan ekstra dengan memandikan dan dijemur. Mengapa harus dimandikan? Tujuan memandikan ayam aduan adalah supaya ayam terlihat lebih segar. Dan juga dengan dimandikan akan membantu proses pertumbuhan dan pengerasan otot pada ayam. Pastinya sebagai peternak ayam aduan kita ingin menghasilkan ayam aduan yang bagus dan memiliki daya jual yang tinggi, jadi dengan kita melakukan perawatan akan menaikan harga jual dari ayam tersebut.

Dalam proses memandikan ayam aduan pun tidaklah sembarangan, ayam dimandikan dengan menggunakan  spons dengan cara perlahan-lahan dan kemudian dipijit agar otot-otot pada ayam dapat berkembang menjadi lentur dan keras. Waktu memandikan ayam bisa dilakukan sehari sekali pada waktu pagi hari antara jam 8-9 dengan memperhatikan cuaca. Apabila cuaca mendung atau hujan sebaiknya ayam tidak perlu dimandikan. Karena pada waktu mendung atau hujan akan menyebabkan proses pengeringan bulu menjadi lama yang bisa menyebabkan kerusakan bulu ayam, misalnya menjadi kusam.

Agen Sabung ayam juga memberikan tips dalam mengerikan ayam aduan yang telah dimandikan, dengan mengunakan handuk kering yang harus mempunyai daya serap tinggi agar air bekas basuh tidak mengendab pada bulu ayam aduan kita. Dan juga handuk yang harus digunakan bersih dan higienis agar ayam aduan tidak terjangkit penyakit karena bateri yang ada pada handuk, seperti yang kita tau bahwa air juga mengadung bakteri kecil yang tidak kita ketahui.

Selain memandikan kandang ayam aduan juga harus lah bersih dan nyaman, karena itu akan mengurangi depresi sang ayam aduan, adapun kriteria kandang yang harus kamu persiapkan diantaranya:

1 Kandang Bok (kandang anak ayam)
Kebanyakan penghobi ayam aduan mengartikan kandang postal dengan sebutan kandang bok. Kandang yang satu ini digunakan untuk proses pembearan ayam bangkok. Kandang bok dapat dibbuat dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari 1×1 meter sampai 2×1 meter.

2 Kandang Ayam Bangkok Dewasa
Biasanya ayam bangkok akan saling bertarung satu sama lain saat berusia 3 bulan ke atas. Untuk menggatasi persaingan hidup anak ayam maka anda bisa memindahkannya ke kandang ayam bangkok dewasa. Kandang ini dibuat khusus untuk satu ekor ayam, tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya pertarungan.

3 Kandang Umbaran
Kandang umbaran memiliki banyak sekali kegunaan, diantaranya adalah untuk proses mengawinkan dan menjemur ayam. Sebenarnya kandang umbaran tidak terlalu dibutuhkan jika anda hanya memelihar satu atau dua ayam, tapi berbeda jika memiliki banyak ayam.

4 Kandang Untuk Menjemur
Berbeda dengan ayam lain, perawatan ayam bangkok sedikit lebih unik dan anda juga harus membuat kandang yang berfungsi untuk menjemur ayam. Penjemuran ayam berguna untuk menyehatkan ayam serta meningkatkan kualitas ayam bangkok aduan.

Lho, kenapa ayam aduan juga harus di jemur? Tujuan dari menjemur ayam adalah untuk mengeringkan bulu pada ayam dan juga untuk membentuk stamina pada ayam. Ayam yang kurang dijemur pastinya akan loyo dan memiliki nafas yang pendek. Manfaat dari menjemur juga diantaranya ayam akan lebih bergairah, membunuh bakteri, membentuk otot, mendapatkan vitamin D dan kemudian stamina ayam akan meningkat karena terbiasa dengan panas. waktu penjemuran ayam yang baik yaitu pada pukul 8.30 sampai pukul 11. Penjemuran ayam juga jangan terlalu lama, karena bisa berefek negative bila terlalu lama.